End of Watch, 2012

Film ini tidak menampilkan sisi abu abu, hitam dan putih polisi itu sendiri, tapi menampilkan polisi sebagai satu manusia utuh dan personal

Bercerita tentang dua orang polisi patroli di LAPD yaitu Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) dan Mike Zavala (Michael Pena). Taylor memiliki hobi merekam dan di awal film disebutkan bahwa dia sedang mengikuti kelas film. Sentara itu, Zavala adalah tipikal polisi sehari hari dengan keluarga yatu istri yang sedang mengandung

Pekarjaan mereka sehari hari adalah memenuhi panggilan seperti masyarakat yang kehilangan anaknya. Seorang anak yang khawatir dengan ibunya, maupun pesta narkoba antar gan

Suatu hari mreka berhasil menyita senjata mahal dan juga obat-obatan. Mereka juga berhasil menemukan barang yang menghubungkan dengan kartel obat-obatan terlarang Mexico.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh David Ayer (Harsh Times, Street Kings). David Ayer juga adalah penulis film Training Day yang mentasbihkan Denzel Washington sebagai aktor terbaik di ajang Oscar melalui film itu.

David Ayer memang kental menghadirkan suasana polisi di setiap filmnya. Tidak terkecuali di film End of Watch ini. Sepasang polisi di atas menjadi karekater di filmnd of Watch yang mewakili kulit putih dan hispanik.

Film ini di Shoot dengan gaya penggunaan kamera milik Brian karena dia sedang melakukan project untuk kelasnya.Meski film ini mirip seperti Chronicles dalam hal shoot gambar namun terdapat perbedaan. Di film ini Sutradara masih menggunakan kamera pihak luar.

Meskipun film ini bercerita tentang polisi dan lika liku mereka di jalanan. NAmun film ini bukanlah film AMerican Hero seperti Die Hard yang dipenuhi adegan kejar kejaran dan tembak tembakan.Film ini lebih menampilkan sepasang polisi dengan pekerjaan mereka sehari hari. KAdang boring, kadang mereka tidak mendapat panggilan, kadang mendapat panggilan anak hilang. Dan beberapa perkejaan tetek bengek lainnyaTapi justru di situlah keunikan film ini. ilm nuansa polisi LAPD ini tampil apa adanya dan sangat realistis.

Film ini juga tidak melulu menggambarkan hubungan antar polisi yang selalu harmonis. Namun film ini juga dipenuhi dengan pertengakaran antara sesama polisi persis seperti pekerja di bidang lain.

Selain itu film ini juga mengangkat sisi pribadi tokohnya. Hubungan Mike Zavala dan istrinya dan juga hubungan Brian Taylor dengan seorang wanita bernama Janet (Anna Kendrick). Justru ditampilkannya sisi pribadi para tokoh membuat film ini makin manusiawi dan realistis.

Hubungan erat antara Zavala dan Taylor terjaga dengn baik. Kedua aktor yaitu Gyllenhaal dan Pena mampu tampil akrab dan bagus. Akting keduanya membuat film ini semakin bagus. Ditambah lagi akting pemain pendukungnya yang juga bagus seerti Frank Grillo sebagai sersan, America Ferrera sebagai rekan polisi, bahkan penampilan Anna Kendrick juga mampu mencuri hati penonton. Bahkan Jake Gylenhaal bisa tampil tidak terlalu manis dan sendu ala Brokeback Mountain. Gylenhaal mampu tampil sebagai polisi muda yang nyeleneh dengan selera joke yang sedikit kasar.

Beberapa momen bagus di film ini adalah ketika Janet bengong karena di shoot pakai kamera Taylor. Ekpresi Anna Kendrick seperti kaget, bingung dan tidak menyangka sangat mengesankan. Kemudian adegan lainnya adalah ketika Zavala dan Tayloor berlari dari kejaran gangster Hispanik.

Film ini tidak menampilkan ending yang lebai atau cheesy. Film ini menampilkan ending yang realistis dan beralasan. David Ayer mampu menghadirkan polisi sebagai salah satu perkejaan juga sama seperti kerja kantoran, sebagai satu profesi yang tidak jauh beda dengan profesi lainnya. Ayer tidak terjebak dalam kamuflase film polisi yang menampilkan American Hero melawan kejahatan.  Ayer menutup film ini dengan bagus dan menyentuh.

Overall, bila ingin melihat police story yang lebih realistis, sangat disarankan untuk menonton film ini. Film ini tidak menampilkan sisi abu abu, hitam dan putih polisi itu sendiri, tapi menampilkan polisi sebagai satu manusia utuh dan personal.

My Rate : 8.35

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s