Contraband, 2012


Cerita tentang penyelundupan di Amerika Serikat dan seluk beluknya. Seorang mantan penyelundup, Chris Farraday ( Mark Wahlberg)  yg telah hidup nyaman setelah punya usaha sendiri dan menikah dgn Kate (Kate Beckinsale) dan punya dua anak terpaksa harus menyelundup sekali lagi untuk menolong adik iparnya, Andy. Andy ini terjebak konflik dengan seorang gangster bernama Brigg (Giovani Ribisi)

Usaha Chris untuk menyelundup sekali lagi didukung oleh teman-temannya, Sebastian (Ben Foster), Danny (Lukass Hass) dan juga Andy. Selebihnya film diisi dengan usaha penyelundupan dan tik-trik yang mereka lakukan.

Film ini disutradarai oleh Baltazar Kormakur (terus terang saya baru dengar nama sutradara ini dan pastinya belu pernah nonton filmnya) dan skenario ditulis oleh Aaron Guzikowski. Dan yang duduk di kursi producer salah satunya adalah Mark Wahlberg.

Meskipun film ini termasuk film Thriller dan action namun thrillernya kurang dapat. Penonton dengan mudah dapat menangka siapa dan apa dibalik semu ini.

Meski film dibesuk dengan banyak aksi, namun aksi kerjar-kejaran dengan go Luna terasa basi karena banyaknya aksi sejenis di film lain, sebut saja Italian Jobs, atau Fast Five. Jadi meskipun aksi terbilang lumayan tapi terasa seperti nonton film yang itu itu saja.

Sementara itu, saya merasa tak semudah itu ngebolongi dinding pesawat, menyelundukkan barang yang segitu besar. rasanya hal tersebut sangat mustahil kecuali dilakukan di hollywood. Jadi rasanya pemilihan barang yang sangat besar itu justru bikin film ini jadi kurang bagus.

Lalu beberapa adegan yang menyebalkan ala sinetron, seperti Andy yang berjalan sendiri, saat dia melihat ada yang mengikuti malah melihat lagi trus baru lari, rasanya menyebalkan, di mana mana manusia yang takut dibunuh ga ada yang jalan sendirian di gang gelap yang sepi. Asli BT banget nonon adegan ini

Oh ya, ada yang lebih menyebalkan lagi, sewaktu andy membaca pesan dari Briggs lalu membawa uang kabur..halah…bodooh bin jelek yang sutradara kampung pun gak bakalan membuat plot kayak gini. Mestinya sutradara tahu bahwa orang yag ditolong itu mestinya lebih jujur pada si penolongnya, dan adegan ini benar-benar titik minus yang luar biasa bikin penonton jijik dan marah. Kesalahan bodoh di suatu film yang sangat sulit dimaafkan penonton (terus terang, saya jadi menurunkan nilai fil ini akrena adegan tak masuk akal tersebut).

Overall, tidak ada pemain yang cukup ganteng di film ini yang bisa membuat penonton luypa dengan buruknya beberapa plot.  Jadi meskipun beberapa plot dibesut dengan rapi dan bagus, tapi seperti melihat film lain dengan adegan yang sama dan berasa redundan.

My Rate : 6.50


About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s