Mission Impossible 4: Ghost Protocol

Seorang agent IMF bernama Hanaway terbunuh di Budapest setelah berhasil mengambil dokumen berupa kode peluncur bom nuklir. Namun akhirnya Agent Hanaway (Josh Halloway) terbunuh. Oleh karena itu, Agent Ethan Hunt (Tom Cruise) yang sedang dipenjara diloloaskan oleh Agent Jane Carter (Paula Patton) dan Agent Benjamin Dunn (Simon Pegg) untuk menyelidiki masalah ini.

Mula-mula Ethan Hunt menyamar untuk bisa masuk ke Kremlin, Rusia untuk mengambil berkas / file pribadi Cobalt (penjahat nomor satu di film ini) agar dunia tahu bahwa dia pejahat yang berbahaya. Kemudian diikuti dengan kematian ketua IMF dan perkenalan Ethan dengan Chief Analyst William Brandt.

IMF ditutup karena jadi tersangka pemboman dan sicap teroris, hingga presiden USA membentuk misi Ghost Protocol dimana apabila mereka tetangkap maka pemerintah akan menyangkal keberadaan mereka.

EthanHunt dan tim harus mencari penyebab tutupnya IMF tanpa dukungan sama sekali, hanya mengandalkan anggota timnya yaitu Benji yang jago komputer dan peralatan teknologi

Petualangan berlanjut hingga ke negara-negara lain dalam rangka menangkap Cobalt, inteligen/ahli nulir yang berniat untuk menciptakan perang nuklir.

Film ini disutradarai oleh Brad Bird (Ratatouille, The Incredibles) yang merupakan kali pertama baginya untuk menyutradarai film selain animasi (live action movie). Boleh dikatakan bahwa Bird sukses membesut film MI 4 ini menjadi menarik ditonton dan menegangkan di beberapa adegan.

Kehadiran Paula Patton sebagai pemanis film sangat tetap. Dengan akting yang memadai Paula Patton tampil sebagai agen yang tangguh dan gagah. Kehadiran Simon Pegg tetap sasaran, di antara action bak bik buk dan dor-dor di film ini, Simon Pegg hadir sebagai penetral dan membuat film di beberapa bagian menjadi kocak.

Jeremy Renner yang cute, ganteng, calm dan cerdas juga menambah nilai plus film ini, belum lagi aktingnya yang jempolan (meskipun di film ini dia tidak terlalu banyak tampil) membuat film ini makin enak ditonton. Sementara itu chemistry antara Jeremy Renner dan Simon Pegg sangat lucu dan akrab membuat film lebih enak ditonton. Ingat percakapan Simon Pegg dan Jeremy Renner tentang masalah Renner akan loncat ke satelit. Terasa lucu dan segar. Kemudian adegan Renner yang ketakutan ketika akan lompat, kocak dan pas banget ekpresi Renner. Kemudian adegan Renner akan naik kembali dari ruang satelit kemudian mengucapkan kalimat “ next time let me seduce the rick guy”. Kalimat sederhana ini mungkin tidak lucu, bila tidak melihat adegan yang baru saja dialami oleh Jeremy Renner.

Yang patut diacungi jempol adalah Tom Cruise yang bisa tampil tidak narsis. Wajahnya tidak terlalu sering di sorot bila ada adegan dengan beberapa karakter lain. Kerut merut di wajahnya juga tampil adanya. Tom Cruise juga tidak takut jelek ketika melakukan adegan berhantam, berlari, maupun memanjat gedung. Dia menunjukkan lelah, capek apa adanya. Hal ini cukup mengesankan apalagi ketika melihat poster film ini bukan poster dengan wajah raksasa Tom Cruise memenuhi poster, namun dia berbagi poster tersebut dengan pemain lain, yaitu Paula Patton, Jeremy Renner dan Benjamin Dunn. Tom Cruise terlihat lebih dewasa.

Sementara itu ada beberapa adegan yang saya suka dan memorable sekali, yaitu adegan Josh Hallaway melompat dari atap sambil menembak ke atas. Ini adegan yang cool. Lalu adegan Tom Cruise memanjat Bjur Khalifah dan dilakukan oleh Tom Cruise sendiri tanpa stunt man membuat adegan ini makin jempolan. Lalu adegan berantem dengan Cobalt di parking lot menurut hemat saya juga keren di mana mobil naik turun menambah tegang suasana

Yang annoying di film ini justru alasan IMF untuk melaksanakan Ghost Protocol. Perang nuklir dengan Rusia? Are you sure? Kayaknya era perang dengan Rusia sudah lama berlalu dan alasan itu adalah konsumsi film film tahun 1980 an dan awal tahun 1990 an. Rasanya musuh utama Rusia itu sudah agak kadaluarsa, alias ketinggalan zaman. Rasanya perang dingi Rusia dan Amerika diangkat menjadi tema utama film di era 2000an terasa kurang pas.

Adegan action di film ini berkelas dan ceritanya juga jelas. Bahkan adegan Ethan Hunt yang keluar penjara sambil bawa orang rasanya seperti sesuatu yang tidak penting, namun dengan berjalannya film, kehadiran tokoh itu ternyata ada maksudnya.

Rasanya tidak berlebihan bila Ghost Protocol dinobatkan sebagai film action/spy terbaik tahun ini, menurut saya juga demikian.Saya hargai niat Tom Cruise untuk membuat film ini lebih baik dari Mission Impossible sebelumnya.

My rate : 8.70

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s