The Adventures of Tintin, 2011

film ini sedikit banyak mengingatkan penonton pada aksi-aksi seru petualangan Indiana Jones. Bagi saya, film ini menghibur dan menyenangkan sekali lagi menonton hasil karya Mr. Steven Spielberg yang selalu dinantikan oleh fans nya

Tintin seorang wartawan muda dan anjingnya, Snowy mengalami petualangan yang berhubungan dengan kapal bernama Unicorn. Suatu hari Tintin membeli replika kapal Unicorn yang ternyata ada rahasia di dalamnya. Sebelum mereka sempat mengungkap misteri kapal replika tersebut, Tintin diculik dan diangkut ke satu kapal, sementara itu anjingnya, Snowy mengikuti Tintin sampai ke kapal.

Di kapal tersebut, Tintin berkenalan dengan kapten kapal yang juga ditahan, bernama Haddock. Sementara yang menculik  dan menahan mereka adalah Sakharine yang merupakan keturunan dari musuh bebuyutan kakek Haddock, Red Reckham.

Selebihnya film diisi dengan perjalanan Tintin, Haddock dan Snowy untuk mengungkap misteri kapal Unicorn yang dulunya merupakan milik kakek Haddock beberapa puluh tahun lalu yang konon mengangkut muatan yang sangat berharga.

Film ini disutradarai oleh Steven Spielbegr yang merupakan salah satu sutradara papan atas di Hollywood (Indiana Jones the tetralogi, ET, AI, Munich dll). Film dibuat dalam format animasi.

Sementara Jamie Bell (aktor muda Inggris) didapuk mengisi suara Tintin,  Andy Serkis mengisi suara Kapten Haddock dan Daniel Craig mengisi suara Sakharine. Sementara itu terdapat juga nama-nama tenar lainnya, seperti Simon Pegg, Nick Frost dll.

Meski film dibuat dalam format animasi namun kita bisa mengabaikan hal tersebut karena gambar yang dihasilkan sedikit banyak menyerupai manusia sungguhan. Jamie Bell sebagai Tintin menggunakan intonasi suara yang sangat bagus dan penonton memahami kapan dia marah, kesal, bersemanagat melalui intonasi suaranya. (Jamie Bell menurut hemat saya, salah satu bintang muda yang bersinar karena aktingnya yang selalu di atas rata-rata). Tintin sebagai karakter utama terlihat sangat kuat, film ini benar-benar ebrjalan dikarenakan karakter utamanya, Tintin yang selalu aktif hampir di setiap adegan.

Film dibuat dengan plot yang sedikit berlebihan. Ada satu dua adegan yang tidak perlu yang dibuat di film ini yang sepertinya hanya untuk memperlama film. Seperti ada satua degan di kapal yang tidak perlu dan dapat disatukan dengan adegan lainny. Demikian juga beberapa adegan di gurun yang terasa wasted.

Sementara itu, adegan kejar-kejaran ala Indiana Jones terasa kental sekali di setiap action Tintin. Seperti adegan naik sepeda motor (adegan ini ada di hampir setiap film Indiana Jones, juga bahkan adegan motor ini ada juga di adegan Star War). Lalu adegan menggelantung pada tali dan berlompat dari gedung ke gedung mirip sekali dengan, lagi-lagi adegan di film Indiana Jones, dimana satu adegan di film tersebut salah satu tokoh bergelantung di akar pohon. Memang adegan ini tidak jelek, namun penonton merasa dejavu dan adegan action tersbeut jadi sedikit basi dan membosankan. Mestinya untuk ukuran sutradara sekelas Spielberg, dia harusnya mampu mencipkan adegan action yang new, ataupun apabila ingin mengulang adegan itu ada baiknya dimodifikasi.

Lalu adegan Tintin memegang kertas penting  (helaian kertas kecil)  dan berlari dari kejaran penjahat. Rasanya tidak masuk akal karena Tintin bukannya menyimpan kertas kecil tersebut di kantongnya, atau dalam baju atau bahkan di dalam celana dalamnya (apabila dia tidak punya kantong) tapi justru Tintin berlari dari sambil mengacung-acungkan kertas penting tersebut dengan tangannya saat dia dikejar penjahat yang ingin merebut kertas tersebut. Ini salah satu adegan yang merusak mood penonton.

Kehadiran Thompson and Thompson meskipun bisa memancing tawa dan geli penonton tapi masih terasa kurang untuk menghadirkan sedikit komedi segar di film ini.

Sementara itu ada satu adegan yang saya acungi jempol, yaitu cara memecahkan kaca anti peluru. Menurut  hemat saya cara itu brilliant dan sangat berkesan. Demikian juga adegan di udara, lucu, aksi, dan segar.

Terlepas dari satu dua kekurangan di film ini, The Adventures of Tintin  film yang cukup menghibur dan dikerjakan dengan keseriusan ala Steven Spielberg. Dan kemungkinan besar film ini akan merajai box office selain karena nama besar Steven Spielberg dan Peter Jackson sebagai produser film ini, juga karena saya yakin banyak sekali penggemar komik Tintin.

Overall, film ini sedikit banyak mengingatkan penonton pada aksi-aksi seru petualangan Indiana Jones. Bagi saya, film ini menghibur dan menyenangkan sekali lagi menonton hasil karya Mr. Steven Spielberg yang selalu dinantikan oleh fans nya. Dan saya salah satu fans Steven Spielberg dan juga fans Indiana Jones.

My rate : 8.25

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s