DRIVE, 2011

Terlepas dari satu dan dua keanehan tersebut, film ini sangat bagus dan saya terhibur menontonnya. Setidaknya film ini memberikan nuansa dan warna baru untuk film crime sejenis dengan menghadirkan tokoh yang unik seperti sang Driver

Seorang pengemudi, sebut saja Driver (yang namanya tidak pernah disebut) yang diperankan oleh Ryan Gosling. Sehari-hari Driver bekerja di bengkel milik Shannon seorang pria tua cacat (Bryan Cranston). Sementara itu, Driver juga punya kerjaan sampingan yaitu sebagai Stunt man untuk film dan sebagai driver bagi para criminal setelah mereka melaksanakan aksi kejahatannya.

Driver berkenalan dengan seorang wanita muda Irene (Carey Mulligan) dan anak lelakinya Benicio (Kaden Leos). Irene ini adalah wanita menikah yang suaminya berada di penjara.

Suatu hari, suami Irene, Standar keluar dari penjara dan karena satu dan dua hal Standar meminta bantuan Driver untuk melaksanakan pekerjaannya. Pekerjaan tersebut berhubungan dengan para mob di Los Angeles sehingga Driver harus menggunakan satu-satunya keahliannya untuk menolong dirinya dan orang-orang dia peduli.

Saya sudah pernah nonton film seperti ini, seorang pria misterius berusaha melindungi seorang wanita dan anaknya. Film Jean Claude Van Damme ada yang seperti ini. Hanya saja pria protagonis di film tersebut bukanlah seorang pengemudi handal dan tidak juga digarap dengan rapi seperti film yang disutradarai oleh Nicolas Winding Refn ini.

Letak kekuatan film ini adalah di acting Ryan Gosling yang gemilang. Untunglah hampir di setiap scene Ryan Gosling muncul sehingga menghidupkan film ini. Ryan Gosling mampu mewujudkan Driver yang dingin, smart, pintar, tidak kenal takut, misterius, tidak banyak bicara dan tidak peduli dengan lingkungan atau antisosial.

Pertemuan Driver dengan Irene juga digambarkan dengan manis dan rasional. Seorang wanita muda kesepian dan hidup membesarkan anak lelakinya sendirian tentunya akan terpesona dengan seorang pria antihero yang simpatik, tampan dan misterius.

Pada sepertiga pertama film, penonton diajak untuk mengenal karakter Driver dan orang-orang di lingkungannya. Pada sepertiga kedua, film ini menjadi lambat dan sutradara kelihatan bingung apakah akan memasukkan unsure drama berlebih atau mulai memasuki untuk thrillernya. Pada sepertig akhir, penonton diajak untuk memahami keputusan yang diambil oleh sang Driver. Sejelek apapun tindakan sang Driver mau tak mau penonton akan memaklumi dan berpihak pada si Driver.

Hanya saja, apakah iya manusia sampai sebegitu relanya melakukan pekerjaan yang bahkan dia tidak tahu seperti apa? Apa memang sedemikian besar dorongan cinta terhadap orang yang baru kita kenal hingga mengabaikan hal-hal yang moralis. Oh tentu saja si protagonis memang pria anti social, misterius dan juga tidak pedulian. Okelah, hanya saja alasan yang dilontarkan terlalu sentimental.

Lalu yang menggelikan lagi, film ini terlalu maksa untuk tidak menyebutkan nama si driver, seperti adegan perkenalan sang driver dengan si penyandang dana car race bernama Bernie, mereka berjabatan tangan tanpa menyebut nama. Bukankah dalam sejarah kehidupan manusia, semestinya saling menyebut nama? Dan beberapa adegan lain yang terlalu maksa untuk tidak menyebutkan nama si driver. Seperti saat dia menelpon Irene, Si Driver hanya menyebut “Hi, It’s me?” Dalam hati saya, “ Me, siapa?” Aneh bila kita bisa mengenali suara seorang pria yang baru kita kenal dan dalam masa perkenalan tersebut dia hanya bicara satu dua kata saja. Sutradara terlalu maksa untuk menampilkan efek misterius sang driver. Padahal dengan mencantumkan nama sang driver pun tidak akan mengurangi kesan misterius Karen acting brilian Ryan Gosling sudah cukup untuk menjadikan si tokoh tersebut misterius.

Terlepas dari satu dan dua keanehan tersebut, film ini sangat bagus dan saya terhibur menontonnya. Setidaknya film ini memberikan nuansa dan warna baru untuk film crime sejenis dengan menghadirkan tokoh yang unik seperti sang Driver. Plus, saya suka Ryan Gosling di film ini. Wajahnya yang cupu mungkin memang cocok untuk peran seperti ini.

Overall, I highly recommend this movie, terutama anda yang mencintai acting Ryan Gosling, anda pasti makin jatuh cinta padanya. Silahkan ditonton. Bagus kok.

My Rate : 8.00

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s