Whistleblower , 2011

Bila anda tak kasihan pada remaja-remaja korban kejahatan seksual itu, maka saya tak tahu lagi harus mencari hati nurani di mana

Film ini berkisah tentang seorang polisi wanita, Kathy yang menerima pekerjaan sebagai peacekeeper di Bosnia pasca perang. Tadinya Kathy mengira ini pekerjaan mudah dengan bayaran yang besar, namun kenyataannya tidak demikian

Di Sana Kathy bergabung dengan UN (United Nations) dan juga Military Contractor (Democra) serta pasukan2x dari sekutu Amerika Serikat. Tugas pertama Kathy ketika menginvestigasi seorang wanita Muslim korban kekerasan rumah tangga. KDRT di negara tersebut tidak mendapatkan perlindungan hukum.

Kemudian diikuti dengan pertemuan Kathy denga seorang remaja yang babak belur dan mengalami siksaan yang kejam bernama Raya. Raya adalah korban Trafficking. Raya dan belasan gadis lainnya diperjual belikan sebagai peekrja seks.

Keinginan Kathy untuk menolong remaja-remaja ini tidaklah mudah, karena bukan hanya berhadapan dengan rekan kerjanysa sesama peacekeeper, Kathy juga harus menghadapi konspirasi raksasa tingkat tinggi yang mempunyai agenda tersendiri terhadap negera tersebut

Film ini disutradarai oleh Larysa Kondracki (terus terang saya belum pernah mendengar nama sutradara asal Kanada ini) dan scenario ditulis oleh sutradaa sendiri dibantu oleh Eilis Kirwan.

Film ini mencoba menampar wajah Amerika Serikat dan sekutunya yang memiliki kepentingan tersendiri terhadap negara tersebut.Banyaknya kekerasan dan juga perjualan wnaita dipandang sebelah mata oleh kontraktor kapitalis rekanan Amerika dan Sekutunya.

Rachel Weisz sebagai Kathy mampu tampil prima yang menghadirkan Kathy seornag polisi berdedikasi tinggi dan juga seorang manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Film ini tidak mencoba menghadirkan heroine, Kathy dengan kemampuan canggih ala superhero. Justru heroine di sini ditampilkan dengan segala keterbatasannya sebagai manusia

Film ini tidak menjual mimpi yang muluk muluk. Saya rasa film ini hadir agar orang tahu, untuk di dengar bahwa kisah nyata ini dibuat untuk membuat manusia melihat wajah asli sang kapitalis. Justru penyampaian film ini yang sederhana membuat penonton terkesan dan menyadari hakikat manusia itu sendiri.

Mungkin satu dua hal kita dimudahkan dengan adanya kapitalis dalam sistem kehidupan kita, namun bukan berarti kita membiarkan hati nurani dan kewarasan pikiran kita di makan oleh mereka.

Overall, film sederhana ini mampu memukau saya karena kejadian yang ditampilkan di film ini begitu ril dan menyentuh hati saya yang paling dalam.

Rekomendasi saya, silahkan ditonton film ini dan saksikan kebrutalan manusia manusia imun yang bernaung dalam wadah kapitalisme. Bila anda tak kasihan pada remaja-remaja korban kejahatan seksual itu, maka saya tak tahu lagi harus mencari hati nurani di mana.

My rate : 7.75

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s