Buried, 2010

Cortez membimbing penonton sambil menggelitik pikiran penonton melalui dialog antara Conroy dengan orang orang yang diteleponnya

Seorang sopir truk yang bertuga di Irak, Paul Conroy (Ryan Rheynold), tersadar berada di peti mati yg terkubur. Perlahan Conroy ingat kalau saat operasi mereka diserang oleh gerombolan orang. Paul diculik dan si penculik meminta uang tebusan. Dan di dalam peti tersebut telah disediakan telepon genggam. Cnroy berusaha meminta bantuan, ke FBI, Kedutaan, keluarganya dan juga anggota suatu organisasi khusus menangani penculikan, Dan Brenner. Bagaimanakah nasib Paul Conroy? Apakah dia berhasil diselamatkan?

****

In my opinion, film ini keren sangat lah. Setting di film ini hanya di peti mati tersebut. Kira kira apa yang dilakukan oleh sang Sutradara, Rodrigo Cortez agar penonton tak bosan dan tetap duduk manis hingga film ini merakhir??

Tentunya berada di ruangan itu saja akan menimbulkan kebosanan, ibarat menunggu di ruang tunggu dokter. Pasien akan mati kebosanan, tapi tidak demikia bila di ruang tunggu disediakan makanan & Minuman, ngobrol dengan orang yang menarik, membawa buku, majalah kesukaan, atau sambil menonton acara TV Favorit. Gue gak bilang kalo Cortez melakukan riset seperti ini, cuma analog saja.

Cortez membimbing penonton sambil menggelitik pikiran penonton melalui dialog antara Conroy dengan orang orang yang diteleponnya. Film ni juga mengundang iba penonton dari mimik maupun ekspresi Ryan Rheynold dan penonton berharap Conroy bisa selamat

Dengan Sabar Cortez membimbing penonton untuk turut sebagai salah satu orang yang menonton YOUTUBE dengan simpati yang dikirimkan oleh si penculik. Cortez juga menunjukkan bahwa meski You adalah American Citizen bukan berarti pasti akan selamat dan pemerintah menaruh simpati yang besar. Adegan percakapan antara Conroy dan bagian personalia perusahaannya mengundang decak kagum gue, mengapa? bukan karena setuju, tapi, ini loh karyawan Amerika, Negara yang notabene, “katanya” menjunjung tinggi hak azasi manusia??

One more thing : Mr. Rheynold tidak mencoba berusaha terlihat charming di film ini seperti yang sering terjadi di film film American Hero. Tapi justru itu nilai lebih Mr. Rheynold. Dia desperate, marah, halusinasi, berjuang semua digambarkan oleh Rheynold dengan pas (gue mulai melirik Rheynold sebagai aktor cukup berbakat hehehe )

My Rate : 8.10

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s