The Women, 2008

Bukan selalu karena seorang istri menjadi tak cantik lagi atau tua makanya suami berselingkuh tapi lebih karena si istri justru tak mencintai dirinya sendiri, tak tahu siapa dirinya dan tak punya rasa percaya diri

Mary Haines (Meg Ryan) merupakan istri dan ibu yang merasa nyaman dan bahagia dengan hidupnya. Dia punya suami yang mapan, seorang millioner wall street, Stephen Haines, memiliki anak sematawayang yang cantik dan cerdas, Molly  dan juga memiliki sahabat sahabat, Silvya (Annette Bening), Edie (Debra Messing) dan Alex (Jada Pinkett Smith) yang sayang padanya.

Suatu hari, Silvya seorang fashion editor di majalah mengetahui perselingkuhan Stephen dengan seorang pramuniaga sexy di bagian parfume, Crystal Allen (Eva Mendes) dan sebagai sahabat dia berada di posisi sulit apakah harus memberitahu sahabatnya Mary atau tidak.

Ketika akhirnya Mary mengetahui perselingkuhan suaminya, dia mengalami “shock theraphy” termahal dalam hidupnya. Dia harus deal dengan kenyataanan itu, harus deal dengan anak sematawayangnya Molly. Dan untuk bisa kembali berdiri di atas kakinya, Molly membutuhkan sahabat sahabatnya.

****

Film ini girly banget. Hampir semua aspek wanita dibahas di sini. Sang sutradara menghadirkan cukup banyak karakter di film ini. Selain nama nama yang disebut di atas, ada lagi karakter Maggie yang merupakan housekeeper di rumah Mary, pengasuh bernama Uta dan ibu Mary- Chaterine. Meski film ini girly banget namun pria tetap dapat menonton film ini dan semoga memahami seluk beluk wanita itu sendiri.

Meski film ini diusung dengan tema yang sudah sering kita lihat di film film lain, namun film itu cukup segar dengan penampilan Meg Ryan yang sangat pas memerankan ibu rumah tangga yang baik, terlalu sibuk dengan tetek bengek rumah tangganya dan  nyaman dengan keberadaannya sehingga lupa bahwa suaminya juga membutuhkan perhatiannya, bahwa suaminya juga butuh penghargaan darinya.

Annette Bening sebagai sahabat yang pekerja keras dan mencintai kehidupan hedonis & Modern diperankan sangat pas, demikian juga Debra Messing sebagai istri dan ibu dari empat anak dan sedang hamil anak kelima karena sangat menginnginkan anak lelaki diperankan sangat pas dan membuat kita tersenyum dengan pembelaannya tentang memiliki anak yang banyak.  Tapi sayang Jada Pinkett Smith tidak diberi porsi yang cukup untuk penonton bisa menilai kepribadiannya selain bahwa dia seorang lesbian dan penulis buku. Eva Mendes sebagai wanita penggoda suami orang juga memerankan karakternya dengan baik, begitu percaya diri sehingga saya yakin beberapa penonton wanita akan dengan senang hati menjambak rambut wanita penggoda ini.

Wanita di seluruh dunia membutuhkan sahabat, hanya sahabat yang selalu bersama kita di saat suami kita selingkuh denagn wanita lain, hanya sahabat yang selalu hadir di saat kita tak akur dengan anak kita. Jadi di film ini ditunjukkan bahwa wanita itu memerlukan sahabat yang dapat membantunya melewati masa masa sulit dalam hidupnya. A best friend will stick with you in every bad time. Film ini juga tetang wanita di seluruh dunia yang sedang terpuruk dan berusaha untuk bangkit kembali dengan penuh percaya diri.

Dan di film ini juga ditunjukan bahwa pria tidak selalu melihat kecantikan wajah, tubuh atau kulit pada wanita tapi pria juga jatuh cinta pada wanita yang mencintai dirinya sendiri, wanita yang memiliki sense of humor, wanita yang punya rasa percaya diri. So beauty is not about face or skin, it’s about how you feel confidence about your self. Bukan selalu karena seorang istri menjadi tak cantik lagi atau tua makanya suami berselingkuh tapi lebih karena si istri justru tak mencintai dirinya sendiri, tak tahu siapa dirinya dan tak punya rasa percaya diri.

Dan mungkin film ini bukan film “hebat atau amazing” dalam versi saya, tapi film mampu membuat saya tersenyum dan memahami. Comedy yang dihadirkan juga tak berlebihan tapi mampu membuat kita tersenyum kecil. Dan uniknya film ini, di setiap scene tidak kita temukan lelaki, praktis pemain di film ini semuanya wanita termasuk sutradaranya juga wanita, Diane English.

My Rate : 7.50

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s