The Tourist, 2010

Bila anda penggemar Angelina Jolie atau Johnny Deep tak ada salahnya menonton film ini. Anda tetap bisa menikmati film ini dan tersenyum dengan joke ala Johnny Deep di beberapa adegan

Seorang wanita cantik dan seksi, Elise Ward ( Angelina Jolie) di bawah pengawasan interpol karena kekasihnya Alexander Pearce adalah seorang buron kerah putih. Alexander adalah buron yang paling dicari Scotland yard karena kasus penggelapan pajak dan pencarian ini dipimpin oleh Agent Acheson (Paul Bettany). Untuk mengecoh para interpol, Alexander meminta Elise naik kereta api ke Venice dan mencari seorang pria secara acak yang mirip dengan Alexander agar para interpol percaya pria acak ini adalah Alexander.

Adalah Frank Tupelo (Johnny Deep)  seorang wisatawan dari Wisconcin, Amerika naik kereta api yang sama dengan Elise dan merupakan pria acak yang dipilih Elise menjadi bagian dari rencananya karena secara fisik Frank mirip dengan Alexander. Petemuan dimulai dengan makan malam bersama di kereta api dan diikuti dengan menginap bersama di hotel mewah sehingga menimbulkan benih benih cinta di hati Frank.

Frank yang merupakan guru matematika di Wisconsin yang notabene merupakan pria biasa yang hidup normal mulai mengalami kejadian seru yang sangat berbahaya pasca perkenalananya dengan Elise. Diawasi oleh Interpol, dan bahkan dicari cari oleh Mafia Shaw. Sang mafia ingin mengambil kembali uangnya yang dicuri oleh Alexander ketika dia menjadi Akuntan pribadi sang mafia.

Bagaimanakah nasib Frank selanjutnya? Siapa Elise sesungguhnya? apakah Elise juga mencintai Frank?

Film ini termasuk kategori action romantis dan disutradarai oleh Florian Henckel von Donnersmarck ( The Lives of Others). Tadinya saya berharap film ini akan sebagus The Lives of Others, namun ternyata film ini tidak sebagus The Lives of Others. Film ini terjebak dalam stereotype film film action romantis sejenis.

Memang film ini menampilkan dua bintang papan atas yaitu Angelina Jolie dan Johnny Deep. Tapi alasan saya menonton film ini adalah Johnny Deep yang merupakan aktor favorit saya. Namun meskipun dua bintang besar dipasang di sini, film ini tidak lantas menjadi bagus. Justru Angelina Jolie dan Johnny Deep tidak memiliki chemistry sama sekali. Akting Jolie yang lebih mirip mantan peragawati yang mendekati menopause yang sedang pentas terakhir kalinya membuat kita tak yakin apa dia memang benar bisa memikat pria di kereta api mengingat ekspresi wajahnya yang sangat datar dan sama sekali tidak menggoda. Sementara Johnny Deep yang tampil comical mengingatkan penonton pada Jack Sparrows dan Red Head Alice in Wonderland. Belum lagi tatanan rambut Johnny Deep yang merupakan guru matematika, rasanya gak banget deh guru memiliki potongan rambut seperti itu.

Mungkin ada dua atau tiga joke yang cukup menghibur. Seperti joke opini pegawai hotel dan polisi terhadap orang Amerika terasa menggelitik dan cukup ngena. Juga joke yang dilontarkan oleh Frank yang lumayan bikin penonton tersenyum. Namun joke tersebut tetap tak membuat film ini lebih baik. Ibarat makan makanan mahal di restoran, para pengunjung kecewa karena makanan elit itu ternyata kurang garam, rasanya tawar dan kurang sedap di lidah begitu juga dengan film ini, terasa basi dan tawar.

Kelebihan film ini terletak pada pengambilan gambar landscape kota Venice dengan gandola gandolanya yang romantis. Kota yang dikelilingi oleh air membuat kota ini seperti dalam lukisan. dan juga busana busana yang dikenakan oleh Jolie terasa wah dan elegan.

Dari segi cerita tak ada yang istimewa. Penonton dituntun untuk mengetahui siapa sebenarnya Alexander Pearce dengan cara yang kurang antusias. Penonton lelah dengan jalinan cerita dan adegan yang monoton dan klise yang ditampilkan oleh Florian sehingga menimbulkan efek bosan.

Meskipun begitu, saya tetap menikmati menonton film ini di beberapa scene. Bila anda penggemar Angelina Jolie atau Johnny Deep tak ada salahnya menonton film ini. Anda tetap bisa menikmati film ini dan tersenyum dengan joke ala Johnny Deep di beberapa adegan plus melihat keindahkan kota Venice dan busana busana yang dikenakan oleh Jolie.

My Rate : 6.70

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s