THE HURT LOCKER

perfect movie making with a common idea. Totally recommended. A must watch movie

Film ini settingnya banyakan di Irak, namun bukan khusus tentang perang Irak. lebih tepatnya suka duka para penjinak bom yang ditempatkan di IRAK (EOD). Tokoh sentralnya yaitu James dan Sanborn. Diantara rutinitas, mereka bersahabat dengan local boy yang namanya Beckham. James adalah tipe pemimpin yang nyeleneh tapi tahu apa yang dilakukannya. James seorang propessionla. Dia menjadi penjinak bom bukan karena dia merasa harus mengemban tugas negera tapi karena dia memang sangat piawai di bidangnya. he is good at it. sementara itu, Sandbon adalah seorang tentara sejati. Dia beekrja berdasarkan prosedur. he follows protocol. Ada saat di mana Sanborn gak sanggup menghadapi tekanan menjadi penjinak bom ditambah dengan kejadian yang dia hopeless, gak bisa bikin apa apa.

Filmnya sangat bagus, terutama karena film ini disutradari oleh seorang wanita (sangat jarang seorang wanita directing film film gendre ini). Film ini begitu thrill dan mampu membuat penonton sangat curious. what next..what next…. penonton tidak dimanjakan dengan film perang atau thriller ala hollywood. Film ini tidak mempermasalahkan siapa yang menang atau siapa yang kalah. Ini murni perkerjaan.namun lebih fokus nunjukin kalo mereka itu juga pekerja profesional sama seperti pekerjaan lainnya seperti dokter ataupun guru, cuma perbedaannya adalah pekerjaan ini mengandung a lot of pressure.

Meski pemainnya banyak yang kagak terkenal, namun aktingnya bagus, bukan asal asalan. Jeremy Renner luar baisa dan keringatnya juga bagus semakin nunjukin pressure di pekerjaannnya. Sutradaranya juga hebat ini membangun ketegangan penonton. Film ini hampir tanpa cacat. Karakternya jelas, dan apa maunya dari awal udah dibangun dengan sequen. Setiap tindakan tokoh mengandung implikasi yang diatur dengan plot yang rapi. jadi penonton gak mungkin bingung, tentang apa yang dilakukan si James atau apa yang dilakukan oleh Sandbon maupun si contractor. Brilliant. Setiap tokoh memainkan peran tersendiri yang membuat plot film ini jadi bagus banget.

Ini film bagus banget, dengan ide yang mungkin sudah pernah ada, namun di shoot dari sisi lain dengan karakter yang jelas dan dialog yang bikin kita ngerti..oh….gitu toh..jadi mereka emang harus lakukan itu….

perfect movie making with a common idea. Totally recommended. A must watch movie

my rate : 9.3

 

 

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s