A Home at the End of the World

Yang membuat film ini menarik adalah chemistry di antara pemainnya. Ekspresi Collin farrel sebagai kakak yang menyayangi saudaranya, keren banget

Story of unusual family, questioning traditional definitions of family and love, while dealing with the complications of their love triangle

Di suatu kota kecil di Cleveland, Bobby (Collin Farrel) dan Joe (Dallas Roberts) bersahabat dari kecil. Teman sekolah dan tetangga. Waktu orang tua si Bobby meninggal, akhirnya dia diadopsi sama keluarga Joe. Dari kecil Joe sudah menunjukkan kelainan seksual pada dirinya, sejak kecil dia sudah tahu kalau dia homosexual (gay). Joe dan Bobby layaknya dua saudara yang saling mendukung dan saling menyayangi. Hanya saja rasa sayang Joe pada Bobby berbeda dengan rasa sayang Bobby pada Joe. Joe menyayangi Bobby dan sekaligus mencintainya. Namun sejak kecil Joe tak pernah mengungkappan perasaan cintanya pada Bobb.

Setelah dewasa, si Joe pindah ke New York dan bekerja di sana. Sementara Bobby tetap di kampong halaman mereka, Cleveland. Bobby yang tidak terlalu berpendidikan sehingga sulit mencari pekerjaan yang cukup layak. Suatu hari, Ibu angkatnya mengatakan kalau Bobby mesti mencari kehidupan lain. Mencari pengalaman di kota lain, mencari sesuatu yang cocok untuk dirinya. Akhirnya Bobby ikut pindah ke New York dan tinggal bersama dengan Joe, saudara angkatnya.

Di apartemen tersebut, Joe tidak tinggal sendirian, namun dia tinggal bersama housemate bernama Claire (Robin Wright Penn). Wanita bernama Claire ini diam diam ternyata mencintai Joe. Namun Joe yang gay terus terang mengatakan pada Claire bahwa dia gay sehingga tak mungkin dia menerima cinta Claire. Akhirnya, waktu demi waktu berlalu, Claire mengalihkan rasa cintanya pada Bobby. Ternyata Bobby pun sebenarnya jatuh cinta pada Claire sejak mengenalnya.

Suatu hari Claire mengatakan bahwa dia hamil. Joe terpukul sekali mendengar berita tersebut. Namun bukan karena Claire, tapi karena dia takut Bobby akan pergi bersama Claire dan meninggalkannya. Joe mengatakan keresahannya pada Bobby dank arena Bobby sangat sayang pada Joe, akhirnya dia berjanji tak akan pernah meninggalkan Joe sendirian.

Muncul ide Bobby untuk membuka restoran di kota lain. Claire mau tak mau harus menerima kenyataan bahwa Joe akan ikut pindah bersama mereka ke kota tersebut. Maka pindahlah keluarga aneh ini ke kota lain dan membuka restoran di sana, hingga sang bayi lahir. Joe dan Bobby bekerja di restoran mereka dan Claire tinggal di rumah mengurus anak. Si bayi memanggil Bobby ayah 1 dan Joe ayah ke dua (keluarga yang aneh hahaha)

Akhirnya kesadaran Claire muncul. Dia ingin kehidupan yang normal. Punya suami dan anak. Dan dia mau anaknya hanya punya satu ayah. Namun ternyata Bobby tak berpikiran demikian. Makin hari Claire makin sebal dan benci pada Joe. Sementara Joe juga bisa merasasakan kalau Claire stress melihat dia ada diantara keluarganya. jadi meski mereka kelihatan seperti A happy Weird Family, sebenarnya yang betul betul happy di sini cuma satu orang, ya si Bobby. Sementara si Joe dan Claire sebenarnya stress.

Suatu malam, Karena sedih dianggap duri dalam daging, Joe duduk termenung di teras rumah. Sendirian. Bobby mengahampirinya dan seperti biasa sejak mereka masih kecil, Bobby selalu mampu menghibur Joe. Lalu Bobby dan Joe berdansa di teras rumah. Claire ngeliat mereka dansa dari jendela dan baru lah dia sadar kalau ternyata Bobby lebih menyanyagi Joe ketimbang dirinya.

Akhirnya Claire ninggalan mereka dan membawa anaknya. Pas di mobil Claire minta bobby untuk ikut dengan dia. tapi Bobby bilang TIDAK MAU. Sekali lagi, untuk memastikan, Claire minta lagi Bobby untuk ikut dia dan anak mereka dan lagi lagi Bobby bilang TIDAK. Claire tahu kalau Bobby dan Joe emang tidak terpisahkan. Claire meninggalkan mereka karena dia ingin hidup normal bersama bayi nya.

Di akhir film, Jonathan dicurigai sakit AIDS. Dan dia minta ke Bobby, kalau dia mati ingin dikuburkan di dekat rumah mereka.Bobby menyanggupi dan bilang kalo Jonathan tidak mungkin sakit AIDS. Kalimat terakhir yang diucapkan Bobby pada Joe (gantian, Bobby yang minta Joe jangan ninggalin dia) “please don’t leave me”.

Film ini disutradarai oleh Michael Meyer dan diangkat dari novel berjudul sama, novel karya penulis pemenang Pulitzer Prize, Michael Cunningham. Film ini dapat nominasi Oscar untuk aktornya si Collin Farrel. Yang membuat film ini menarik adalah chemistry di antara pemainnya. Ekspresi Collin farrel sebagai kakak yang menyayangi saudaranya, keren banget. Satu lagi yang bikin film ini bagus adalah editingnya. Mulus kayak jalan tol. Nilai plus film ini ya Collin Farrel yang macho emhhm…ehmmmm

Menurut hemat saya, rasa sayang itu memang lebih kekal ketimbang rasa cinta. Rasa sayang tak tergantikan hahahaha. Kayaknya apa kata pepatah itu benar. Cinta itu emang gak pandang bulu. Tapi pandang jenis kelamin gak sih HAHAHAHA.

Ada beberapa adegan yang mengharukan (tapi gak sampe nangis)

Pas Claire bilang dia hamil dan Joe sedih. Bobby tidur di kamar Joe, menemani (sstttt gak ada adegan aneh aneh disini, dia menemani murni kayak menemani adiknya tidur)

Joe bilang “’kau seharusnya tidur bareng Claire”
Si Bobby jawab, “aku gak mau ninggalin kamu tidur sendirian”..

Waktu Bobby memutuskan untuk menjaga Joe,
Bobby decides to care for Jonathan during his last days…menyentuh banget. Kira kira kalo pembaca sakit bakalan ada gak yang mau jagain kayak si Bobby ini hehehe

Adegan pas Claire mau pergi ninggalin Bobby” dia meminta sampai dua kali agar Bobby ikut dengannya” melihat ekspresi Robin Wright Penn, menyentuh banget…..

Recommended movie : 8.15

About ceritafilm

I am a writer and movie maniac
This entry was posted in Movie. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s